Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon menggelar Pembinaan Pos Desa dan Jasa Titipan yang diikuti oleh seluruh aparat Desa dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Cirebon, Selasa (18/08/2015).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Drs. R. Benni Sugriarsa di Gedung Da’wah Sumber.

Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Hendi Syahbudin, A.Ks melaporkan kegiatan ini dimaksudkan memberikan pelayanan yang cepat dan efisien kepada masyarakat tentang layanan di Bidang Pos. Sedangkan tujuan itu sendiri agar terpenuhi kewajiban USO ( Universal Service Obligation) di Bidang Pos serta untuk meningkatkan pemahaman tentang Pos bagi Pengelola Pos Desa dan Jasa Titipan.

Hendi Syahbudin, A.Ks menyampaikan dengan dilaksanakan pembinaan ini diharapkan setiap desa mampu menjadi Agen Pos di desanya masing-masing dan bisa mendapatkan penghasilan dari jasa titipan dan agen pos.

Sementara Sambutan Kepala Dinas dan Informatika Kabupaten Cirebon Drs. Benni Sugriarsa sekaligus membuka acara ini menyampaikan bahwa acara Pembinaan Pos Desa dan Jasa Titipan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pembinaan pos desa pada tahun 2014, dimana pada tahun tersebut respon dari para peserta begitu besar untuk itu pada tahun 2015 ini, kami Diskominfo Kabupaten Cirebon ingin mewujudkan Program Pos Desa tersebut dengan melaksanakan kembali Pembinaan Pos Desa yang sudah ada maupun yang baru.

Sampai Tahun 2014 dari 412 desa di Kabupaten Cirebon baru ada 40 Pos Desa di Kecamatan Kabupaten Cirebon dan dengan adanya kegiatan Pembinaan Pos Desa dan Jasa Titipan Tahun 2015, Pos Desa akan bertambah.

Dengan adanya pos desa diharapkan; akan mempermudah akses masyarakat dalam pelayanan pos; menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat; selain pelayanan pos dan jasa titipan, juga pelayanan-pelayanan lain seperti pembayaran listrik, pembayaran telepon, dll.

Sesuai dengan tema kali ini “tata cara pengelolaan pos desa dan jasa titipan” kami harapkan dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan Pos dan Jasa Titipan di pedesaan.

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan pemaparan dengan nara sumber dari Kantor Pos Cirebon Iwan Andri Wijanarko dan Sunarja serta Agen Pos yang telah berhasil dari Arum Sari Talun yaitu Pak Suwaryo.

(Bens/Sahidin, Diskominfo)

Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Cirebon menggelar Pemutaran Film Program dan Film Hiburan yang dilaksanakan pada hari Jum’at (14/08/2015) bertempat di Balai Desa Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Pemutaran Film ini merupakan Program Kerja Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon dalam rangkaian untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia Tahun 2015.

Dalam pelaksanaannya, Tim Film terlebih dahulu melakukan wawar keliling untuk memberitahukan masyarakat Desa Kerandon dan sekitarnya agar hadir dibalai desa untuk menonton film dan dilanjutkan dengan pemutaran film Pembangunan Kabupaten Cirebon, Film Program KB, Film Dokumenter tentang Perjuangan Soekarno dan Film hiburan.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Perangkat Desa Kerandon, muspika Kecamatan Talun masyarakat setempat. Sementara dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten sendiri terlihat hadir Kabid Sarana Komunkasi dan Diseminasi Informasi Drs. Sukiman dan Kepala Seksi Informasi Publik dan Kelembagaan Bidang SKDI Tati Suharti, SmHk..

Kepala Seksi Penyiaran dan Pers Bidang SKDI Komsiya, S.Sos. menyampaikan kegiatan ini adalah merupakan kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia Tahun 2015 dan merupakan Program Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon dalam rangka penyebarluasan informasi melalui pemutaran film.

Pemutaran Film ini berjalan dengan lancar dan ramai dipadati masyarakat setempat. (Bens/Faiz.F,Diskominfo) (Bens/Edys/Fais.F,Diskominfo)