Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Cirebon menggelar rapat koordinasi dengan para provider, Operator Seluler dan Tim Penataan dan Pengawasan Pembangunan Menara Telekomunikasi (TP3MT), Rabu (20/04/2016) yang dilaksanakan di Aula Diskominfo jalan Sunan Drajat No. 15 Sumber.

Rapat ini digelar untuk membahas permaslahan dengan Retribusi Tower dimana didalam Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Pemerintah Daerah dikalahkan, sehingga kami perlu mengundang para provider dan TP3MT untuk mengetahui sejauh mana perkembangan retribusi ini yang dilakukan oleh Diskominfo. Hal   itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Diskominfo Kabupaten Cirebon H. Sujiman, S.Sos.,MM

H. Sujiman mengatakan, kami sudah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan melalui Dirjen Anggaran Pertimbangan Keuangan Republik Indonesia, dimana diberikan petunjuk bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon bisa melanjutkan revisi perda retribusi pengendalian menara telekomunikasi, karena perhitungan tarif retribusi menara telekomunikasinya sudah memenuhi syarat sesuai dengan formulasi yang dikeluarkan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan RI.

Kepala Seksi telekomunikasi Dra. Tri Paribani, M.Si  tujuan rakor ini adalah untuk membahas permasalahan yang ada sebagai tindak lanjut mengenai retribusi menara telekomunikasi berkaitan putusan MK No. 46/PUU-IX/2014, yang mengharuskan Pemerintah merumuskan ulang formula retribusi pengendalian Menara Telekomunikasi yang semula menggunakan 2% dari NJOP PBB, sekarang menggunakan rumusan pengendalian dan pengawasan.

Terkait putusan MK tersebut, Dirjen Perimbangan Keuangan telah mengeluarkan Surat Edaran kepada para Gubernur/Bupati/Walikota untuk melakukan koordinasi dan evaluasi atas pelaksanaan putusan MK di maksud.

Dra. Tri mengatakan solusi alternatif solusi yang disampaikan yaitu berdasarkan S-743 Tahun 2015, Pemda telah menyesuaikan perhitungan dengan seluruh komponen yang diatur pada formulasi yang tercantum pada surat tersebut. Setelah disampaikan metode perhitungannya kepada DJPK, ada baiknya Pemda menyampaikan perhitungan yang telah disusun para provider telekomunikasi. Hal ini bertujuan agar perda yang nantinya akan disahkan tidak memperoleh respon negatif dari para para provider.(Bens, Diskominfo)

Rabu (20/04/2016) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon melalui Bidang Aplikasi Telematika (Aptel) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Jaringan Wide Area Network (WAN) Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Sultan Raja  Cirebon ini diikuti oleh 80 operator/admin jaringan dari seluruh OPD dan Kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Sebagaimana diketahui, bahwa pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Diskominfo telah membangun jaringan WAN yang menghubungkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah hingga ke tingkat kecamatan. Bimtek ini dimaksudkan untuk mewujudkan implementasi pemanfaatan TIK atau e Government khususnya jaringan WAN Kabupaten Cirebon sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik secara cepat, tepat dan akurat.

Adapun materi yang disampaikan antara lain mengenai pengenalan sisten jaringan WAN Kabupaten Cirebon, pemanfaatan bandwidht/internet pada OPD, operasional dan maintenance jaringan WAN, serta pemanfaatan email dan aplikasi-aplikasi Pemerintah Kabupaten Cirebon lainnya. Materi-materi tersebut akan dibawakan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni dari Diskominfo serta konsultan jaringan WAN Kabupaten Cirebon.

Bimtek tersebut dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon H. Yayat Ruhyat. Dalam sambutannya beliau mengatakan inti dari Pemerintahan Elektronis ini adalah bagaimana upaya pemanfaatan dan pendayagunaan TIK oleh Pemerintah untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan transparasi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta memungkinkan pemerintah mentransformasikan hubungan dengan masyarakat dunia bisnis dan pihak-pihak yang berkepentingan sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih baik. Pemerintah Kabupaten Cirebon berupaya membangun suatu rencana strategis pengembangan TIK untuk pengelolaan manajemen Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon salah satu pengembangan TIK adalah dengan terbangunnya sistem jaringan komunikasi dan informasi berupa jaringan Wide Area Network atau WAN Kabupaten Cirebon. Secara optimal tentunya harus didukung dengan Sumber Daya Manusia yang memadai Bimbingan Teknis Bagi Operator Jaringan WAN ini merupakan salah satu kegiatan kongkrit dari Diskominfo Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) operator jaringan WAN.

Sedangkan Kepala Dinas Komuniasi dan Informatika Kabuapetn Cirebon Drs. R. Benni Sugriarsa, menegaskan dalam laporan kegiatan bahwa maksud dan tujuan diadakanya Bimtek tersebut bimbingan teknis operator jarinagn WAN Kabupaten Cirebon diselenggarakan yaitu dengan maksud agar dapat mewujudkan pemanfaatan TIK atau e Government khususnya jaringan WAN di Kabupaten Cirebon  dan tujuannya adalah dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik secara tepat, cepat dan akurat. (edy’s,Diskominfo) (20/04/2016)

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 534 dan Hari Jadi Desa Jamblang Kecamatan Jamblang yang ke 35 Tahun 2016, bertempat di Balai Desa Jamblang pada hari Sabtu (26/03/2016). Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan pagelaran kesenian wayang kulit purwa dengan lakon “Ilange Jimat Cupu Manik” dimainkan oleh Ki Dalang Asep R dari sanggar Budhi Suara Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon dan sinden Hj. Ugi. S Dari Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu. Kegiatan dimaksud dalam rangka penyebarluasan informasi publik melalui kesenian tradisisonal yang komunikatif sehingga masyarakat umum dapat mengetahui apa dan bagaimana program pemerintah yang sedang dan akan dikerjakan baik daerah maupun pusat guna peningkatan kesejahteraan rakyatnya. Hadir pada kesempatan Panitia Hari Jadi ke 534 Kabupaten Cirebon, Kepala Bidang SKDI beserta jajarannya, perwakilan dari Kecamatan Jamblang, Forum Komunikasi Kuwu Cirebon, serta masyarakat Jamblang dan sekitarnya

Dalam sambutannya Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Diskominfo Kabupaten Cirebon Drs. Sukiman mengatakan, pagelaran wayang kulit purwa merupakan kegiatan kontinuitas dari Diskominfo yang bertujuan selain untuk melestarikan kesenian tradisional juga merupakan sarana yang paling efektif dalam penyampaian program pembangunan yang dilaksanakan baik oleh pemerintah pusat, provinsi maupun daerah sehingga masyaraklat luas dapat mengetahui dan memahami akan berbagai program yang sedang dijalankan. Wayang kulit juga merupakan kesenian tradisional yang komunikatif sangat dekat dengan masyarakat karena baik gaya maupun bahasanya merupakan gambaran pribadi dari masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan tersebut Kuwu Desa Jamblang Dra. Hj. Nurlaelah, MM., menuturkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 534 yang bertepatan dengan Hari Jadi Desa Jamblang ke 35 untuk tahun ini terselenggara berkat kerjasama dari semua pihak khususnya Diskominfo Kabupaten Cirebon, besar harapan kami peringatan ini hendaknya bisa dijadikan suatu momentum dalam meningkatkan pembangunan di Desa Jamblang sehingga desa ini akan lebih maju lagi di tahun mendatang.

Kegiatan yang berlangsung sejak Pukul 20.00 dan selesai pada Pukul 04.00 WIB ini mendapat respon yang positif dari masyarakat Jamblang dan sekitarnya.(Sahidin, Diskominfo).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Drs. R. Benni Sugriarsa bersama jajarannya mengikuti jalan sehat, Rabu (30/03/2016). Jalan sehat ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi ke 534 Kabupaten Cirebon yang diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil se-Kabupaten Cirebon.

Hadir dalam jalan sehat tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Yayat Ruhyat, M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, Muspida Kabupaten Cirebon. jalan sehat juga diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Cirebon.

Jalan sehat dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi ke-534 Kabupaten Cirebon yang dibuka secara langsung oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si dengan start dan finish di depan Kantor Bupati Cirebon.

Usai jalan sehat, acara dilanjutkan pengundian kupon yang berhadiah sepeda motor, sepeda gunung, dan hadiah menarik lainnya dengan iringan lagu dangdut yang dinyanyikan oleh bintang tamu Arin dari Akademi Danggdut Indosiar perwakilan dari Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon menyampaikan sebagai masyarakat Kabupaten Cirebon kita harus bangga dan harus mampu menunjukkan jati dirinya bahwa kita sebagai masyarakat ikut serta memeriahkan Hari Jadi ke-534 Kabupaten Cirebon.

Atas nama pribadi dan sekaligus Pemerintah Kabupaten Cirebon, H. Sunjaya mengajak kepada semua masyarakat untuk merayakan Hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke-534, mudah-mudahan kedepan Kabupaten Cirebon akan lebih baik lagi, lebih amanh lagi, lebih nyaman, lebih kondusif dan lebih bermakna bagi kepentingan masyarakat Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon meminta kepada masyarakat, mari kita sama-sama saling bahu membahu, saling mendukung, saling memberi suatu masukan yang positif demi perkembangan dan kemajuan di Kabupaten Cirebon. (Bens/Edys,Diskominfo)