Home / Berita / Aplikasi Informatika / Bimtek Operator Jaringan WAN Kabupaten Cirebon

Bimtek Operator Jaringan WAN Kabupaten Cirebon

Rabu (20/04/2016) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon melalui Bidang Aplikasi Telematika (Aptel) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Jaringan Wide Area Network (WAN) Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Sultan Raja  Cirebon ini diikuti oleh 80 operator/admin jaringan dari seluruh OPD dan Kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Sebagaimana diketahui, bahwa pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Diskominfo telah membangun jaringan WAN yang menghubungkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah hingga ke tingkat kecamatan. Bimtek ini dimaksudkan untuk mewujudkan implementasi pemanfaatan TIK atau e Government khususnya jaringan WAN Kabupaten Cirebon sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik secara cepat, tepat dan akurat.

Adapun materi yang disampaikan antara lain mengenai pengenalan sisten jaringan WAN Kabupaten Cirebon, pemanfaatan bandwidht/internet pada OPD, operasional dan maintenance jaringan WAN, serta pemanfaatan email dan aplikasi-aplikasi Pemerintah Kabupaten Cirebon lainnya. Materi-materi tersebut akan dibawakan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni dari Diskominfo serta konsultan jaringan WAN Kabupaten Cirebon.

Bimtek tersebut dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon H. Yayat Ruhyat. Dalam sambutannya beliau mengatakan inti dari Pemerintahan Elektronis ini adalah bagaimana upaya pemanfaatan dan pendayagunaan TIK oleh Pemerintah untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan transparasi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta memungkinkan pemerintah mentransformasikan hubungan dengan masyarakat dunia bisnis dan pihak-pihak yang berkepentingan sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih baik. Pemerintah Kabupaten Cirebon berupaya membangun suatu rencana strategis pengembangan TIK untuk pengelolaan manajemen Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon salah satu pengembangan TIK adalah dengan terbangunnya sistem jaringan komunikasi dan informasi berupa jaringan Wide Area Network atau WAN Kabupaten Cirebon. Secara optimal tentunya harus didukung dengan Sumber Daya Manusia yang memadai Bimbingan Teknis Bagi Operator Jaringan WAN ini merupakan salah satu kegiatan kongkrit dari Diskominfo Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) operator jaringan WAN.

Sedangkan Kepala Dinas Komuniasi dan Informatika Kabuapetn Cirebon Drs. R. Benni Sugriarsa, menegaskan dalam laporan kegiatan bahwa maksud dan tujuan diadakanya Bimtek tersebut bimbingan teknis operator jarinagn WAN Kabupaten Cirebon diselenggarakan yaitu dengan maksud agar dapat mewujudkan pemanfaatan TIK atau e Government khususnya jaringan WAN di Kabupaten Cirebon  dan tujuannya adalah dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik secara tepat, cepat dan akurat. (edy’s,Diskominfo) (20/04/2016)

Cek juga

Diskominfo Gelar Bimtek Jurnalistik dan Multimedia Bagi Pelajar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon melakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) dan Multimedia bagi Pelajar ...