***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON ****

Feb 26

Diskominfo Gelar Pertunjukkan Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon menggelar Pertunjukkan Wayang Kulit, Jum’at Malam (16/02/2018) yang dilaksanakan di Balai Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono, SH.,MM, beserta jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Drs. H. Asdullah, M.Si, Camat Kapetakan Carsono, AP.,MM, Ketua  Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Cirebon H. Sulama Hadi.

Pertunjukkan ini berlangsung meriah dengan mengahadirkan Dalang Carmun dari group wayang Langen Tuggal dengan lakon “Tulak Tanggul Swarga Loka”. Yang menyedot partisipasi masyarakat Desa  Pegagan Lor dan sekitarnya untuk menyaksikan seni wayang kulit.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono,SH.,MM  menyampaikan, Penyebarluasan Informasi dan Komunikasi ini bisa dilaksanakan dengan berbagai alat. Salah satunya adalah melalui  media elektronik, seperti televisi, radio, dan media cetak serta melalui media sosial, dan juga yang terakhir melalui media Kesenian Tradisional.

Di Cirebon sendiri telah dibentuk Forum Komunikasi Media Tradisonal yang diketuai oleh, H. Sulama Hadi. Tujuan dan manfaat diselenggarakannya acara ini adalah, yang pertama sebagai media informasi dan komunikasi, dan kesenian wayang merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam penyebarluasan informasi, karena bagi masyarakat kabupaten Cirebon wayang kulit sangat populer. Didalam pertunjukkan wayang kulit ini banyak petuah-petuah, banyak makna filosofis yang berguna bagi Indonesia Raya. Sehingga harapannya pertunjukkan ini tidak hanya sebagai tontonan tetapi diharapkan menjadi tuntunan yang memberikan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang kedua sebagai pelestarian seni tradisional, terutama pelestarian kesenian tradisional Kabupaten Cirebon. Yang ketiga, sebagai sarana hiburan masyarakat Kabupaten Cirebon.(Bens/Edys, Diskominfo).