***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON ****

Jul 10

Diskominfo Sosialisasikan Penerapan SPBE di Kabupaten Cirebon

Dinas Komunikasi Kabupaten Cirebon melakukan sosialisaikan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh SKPD, Camat dan perwakilan Kuwu/Lurah serta unsur masyarakat, dilaksanakan di Hotel Apita jalan Tuparev Cirebon, Rabu (10/07/19).
Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Sugeng Darsono, SH.,MM menuturkan, seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan pertumbuhan suatu daerah khususnya Kabupaten Cirebon, mendorong pemerintah untuk menjadi lebih terbuka sehingga kebutuhan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih cepat, efektif dan tepat.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu alternatif solusi untuk menjembatani permasalahan tersebut, dengan penerapan pemerintahan berbasis elektronik manfaat langsungnya adalah adanya pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisasi kemungkinan terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat.
“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pengembangan pemerintahan berbasis elektronik di Tingkat Pusat, Daerah dan Desa serta mendorong proses Pengembangan Pemerintahan yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipatif.” Tuturnya.
Sementara sasaran dari kegiatan ini adalah tersosialisasikannya Program Jabar Digital dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa dan tersosialisasikannya Rencana Pemerintah Kabupaten dalam penerapan Pemerintahan Berbasis Elektronik di Tingkat Kabupaten dan Desa sesuai RPJMD 2019-2024.
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Cirebon. Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Cirebon, Drs.H. Rahmat Sutrisno, M.Si menyampaikan, transformasi teknologi yang saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 semakin cepat dan perubahan teknologi menjadi kekuatan yang paling kuat di dunia. sehingga dapat diidentifikasikan bahwa pemerintah harus siap, menyerap teknologi untuk penyempurnaan pelayanan baik antar pemerintah, masyarakat maupun dengan kalangan bisnis.
“Dalam forum ini, fokus yang ingin digaungkan adalah tentang membangun iklim kerja Pemerintahan dari Tingkat Kabupaten sampai ke Tingkat Desa, agar mampu mengambil peluang positif yang ditawarkan oleh kehadiran teknologi. Pemerintah Kabupaten Cirebon menyadari perubahan yang terjadi bahwa pelayanan saat ini diukur melalui ketepatan, akses cepat, mudah dan terintegrasi dari pusat ke daerah.” Ujarnya.
Kabupaten Cirebon harus segera melakukan lompatan yang progresif dan masif, membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi secara paripurna. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai landasan penguatan penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik Berbasis Digital serta Perda Kabupaten Cirebon Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Menindaklanjuti Perpres tersebut, lanjut Sugeng, seluruh penyelenggara pemerintahan mendapatkan evaluasi dari Kementerian PAN-RB yang ditujukan untuk mengukur perwujudan proses kerja pemerintah yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas Pelayanan Publik melalui Sistem Elektronik. Pada Tahun 2018, capaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Cirebon termasuk dalam predikat baik dengan capaian 2,63 poin.
“Ini juga merupakan tindaklanjut dari rekomendasi Kementerian PAN-RB untuk mewujudkan kinerja ASN yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel dalam hal pelayanan publik berbasis elektronik.” Imbuh Kadiskominfo Kabupaten Cirebon.
Selain itu, Kabupaten Cirebon telah masuk dalam 100 Kabupaten/Kota Smart City yang digagas oleh Kementerian Kominfo sehingga menunjukkan keberhasilan Kabupaten Cirebon dalam mengintegrasikan Teknologi Informasi dalam segala aspek pelayanan. Kunci pokok untuk menjadikan suatu daerah menerapkan elektronisasi dalam penyelenggaraan pemerintah adalah keharusan dalam pasang niat untuk sungguh – sungguh dan berkomitmen kuat sejak awal, agar program tidak akan berhenti di tengah jalan sehingga kedepannya pemerintah daerah tidak hanya berorientasi terhadap kepuasan masyarakat tetapi mewujudkan kebahagiaan masyarakat sebagai tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan.
Komitmen penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik yang tercantum dalam misi Kabupaten Cirebon Maju meliputi peningkatan pelayanan pengaduan masyarakat melalui pengembangan sistem informasi dan media sosial pemerintah kabupaten. Melakukan integrasi seluruh sistem yang sudah dibangun oleh skpd melalui pembangunan government service bus, sesuai dengan arahan kpk. Pembangunan command center sebagai pusat kendali pemerintah. Pembangunan aplikasi yang dapat memudahkan pelayanan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintah. Penerapan Desa Digital. Oleh karena itu, dengan terlaksananya forum ini diharapkan terbentuk sebuah komitmen bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa yang ditunjang oleh Pemerintah Provinsi untuk mewujudkan Pemerintahan Berbasis Elektronik sebagai pencapaian kebahagiaan masyarakat.(Bens/Edys, Diskominfo).