***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON ****

Nov 20

Kadis Kominfo Kabupaten Cirebon Hadiri Bako Humas dan Komunitas Expo 2015 Di Surabaya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Drs. R. Benni Sugriarsa menghadiri Temu Bako Humas dan Komunitas Expo 2015 yang dibuka secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi, Selasa (17/11/2015) di Dyandra Convention Center Surabaya, Jalan Basuki Rahmat 93-105 Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Temu Bako Humas ini dihadiri oleh kurang lebih 800 orang yang terdiri dari Pejabat Humas Kementerian Lembaga Pusat, Pemda Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dan Kepala Dinas Infokom, Perguruan Tinggi dan anggota Bako Humas Pusat, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Media Tradisional dan Komunitas Fotografi.

Dirjen Kamunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Ir. Joko Agung Hariri, MM selaku Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa Temu Bako Humas dan Komunitas Tingkat Nasional 2015 mengambil tema “ Pelaksanaan Government Publik Relation melalui Humas dan Komunitas menuju Percepatan Revolusi Mental untuk Indonesia Hebat”

Penerapan konsepsi Govenrment Publik Relation (GPR) membutuhkan dukungan dari seluruh pihak baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Komunitas merupakan unsur yang vital dalam melaksanakan fungsi Kehumasan.

Disini pemerintah dituntut mampu menjalankan salah satu bagian penting public relation yang disebut Governtmen and Community Relation. Hubungan antara Pemerintah dan Komunitas menjadi sangat penting karena Kebijakan yang diterapkan pemerintah sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat.

Ir. Joko mengatakan tujuan kegiatan ini adalah melaksanakan fungsi GPR dan menyebarkan berbagai konten humas Nawa Cita dan Revolusi Mental melaui mitra strategis baik humas dan komunitas agar masyarakat memiliki pengetahuan dan pemahaman komprehensip.

Memberikan apresiasi kepada mitra strategis yang secara konsisten melaksanakan fungsi Publik Relation mendukung Pemerintah dalam pembangunan.

Ir. Joko menyampaikan manfaat bagi masyarakat yakni terpenuhinya hak memperoleh informasi program prioritas secara proposional dan akurat dari berbagai kanal media sehingga terlibat aktif dalam proses pengambilan Kebijakan Pemerintah.

Sedangkan manfaat bagi Humas yakni pertemuan ini menjadi media koordinasi, integrasi, sinkronisasi komunikasi antar humas pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Hasil yang diharapkan tersebarnya informasi mengenai kebijakan aktual Pemerintah sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan meningkatkan profesionalisme perubahan pola pikir Humas Pemerintah dengan karakter informasi yang mendidik, memberdayakan, dan mencerahkan melalui media informasi yang dikuasainya.

Sementara dalam sambutan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf sebagai tuan rumah menyampaikan ucapan terimah kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang menunjuk Kota Surabaya sebagai tempat kegiatan ini.

Wakil Gubernur mengatakan Humas menjadi makin penting dalam era keterbukaan sekarang ini. Ada kebebasan Informasi dan kebasan Pers, dimana media massa mendominasi agenda publik.

Humas Pemerintah dituntut untuk mempunyai kemampuan yang baik, pro aktif dan professional.

Sedangkan dalam sambutan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi sekalugus membuka acara ini menyampaikan Gerakan Nasional Revolusi Mental Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan penjabaran dari area perubahan mental aparatur adalah kewajiban kita semua khususnya keluarga besar Bako Humas serta komunitas kehumasan untuk mensukseskan gerakan tersebut melalui pengelolaan kumunikasi publik.

Untuk mengoptimalkan peran Humas Pemerintah atau yang kita sebut GPR, Bapak Presiden sudah mengeluarkan Interuksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Melalui Interuksi Presiden tersebut, Bapak Presiden menyampaikan beberapa interuksi kepada Pimpinan Kementerian, Lembaga, Gubernur, Bupati/Walikota yakni :

Pertama menyampaikan data dan informasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing institusi pemerintahan. Yang kedua menyebarluaskan kepada publik narasi tunggal dan data pendukung lainnya yang disusun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia terkait dengan kebijakan dan program-program Pembangunan Nasional dari Pemerintah.

Ketiga menyampaikan setiap kebijakan dan program Pemerintah secara lintas sektoral dan lintas daerah ke publik secara cepat dan tepat. Yang keempat menyampaikan informasi melalui berbagai saluran komunikasi kepada masyarakat secara tepat, tepat, obyektif, berkualitas baik, berwawasan nasional dan mudah dimengerti terkait kebijakan dan program Pemerintah agar rakyat memahami apa yang tengah dikerjakan Pemerintah, agar rakyat tahu berbagai macam upaya-upaya Pembangunan Nasional untuk kesejahteraan rakyatnya dan agar rakyat tahu tujuan dan apa yang dikerjakan oleh Pemerintah kepada rakyatnya.

Selesai membuka acara tersebut Menpan dan Reformasi Birokrasi melakukan peninjauan Pameran Bako Humas dan Komunitas Expo 2015 di sekitar Gedung tersebut.