***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON *****

Apr 07

Pagelaran Wayang Kulit Purwa di Desa Jamblang

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 534 dan Hari Jadi Desa Jamblang Kecamatan Jamblang yang ke 35 Tahun 2016, bertempat di Balai Desa Jamblang pada hari Sabtu (26/03/2016). Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan pagelaran kesenian wayang kulit purwa dengan lakon “Ilange Jimat Cupu Manik” dimainkan oleh Ki Dalang Asep R dari sanggar Budhi Suara Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon dan sinden Hj. Ugi. S Dari Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu. Kegiatan dimaksud dalam rangka penyebarluasan informasi publik melalui kesenian tradisisonal yang komunikatif sehingga masyarakat umum dapat mengetahui apa dan bagaimana program pemerintah yang sedang dan akan dikerjakan baik daerah maupun pusat guna peningkatan kesejahteraan rakyatnya. Hadir pada kesempatan Panitia Hari Jadi ke 534 Kabupaten Cirebon, Kepala Bidang SKDI beserta jajarannya, perwakilan dari Kecamatan Jamblang, Forum Komunikasi Kuwu Cirebon, serta masyarakat Jamblang dan sekitarnya

Dalam sambutannya Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Diskominfo Kabupaten Cirebon Drs. Sukiman mengatakan, pagelaran wayang kulit purwa merupakan kegiatan kontinuitas dari Diskominfo yang bertujuan selain untuk melestarikan kesenian tradisional juga merupakan sarana yang paling efektif dalam penyampaian program pembangunan yang dilaksanakan baik oleh pemerintah pusat, provinsi maupun daerah sehingga masyaraklat luas dapat mengetahui dan memahami akan berbagai program yang sedang dijalankan. Wayang kulit juga merupakan kesenian tradisional yang komunikatif sangat dekat dengan masyarakat karena baik gaya maupun bahasanya merupakan gambaran pribadi dari masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan tersebut Kuwu Desa Jamblang Dra. Hj. Nurlaelah, MM., menuturkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 534 yang bertepatan dengan Hari Jadi Desa Jamblang ke 35 untuk tahun ini terselenggara berkat kerjasama dari semua pihak khususnya Diskominfo Kabupaten Cirebon, besar harapan kami peringatan ini hendaknya bisa dijadikan suatu momentum dalam meningkatkan pembangunan di Desa Jamblang sehingga desa ini akan lebih maju lagi di tahun mendatang.

Kegiatan yang berlangsung sejak Pukul 20.00 dan selesai pada Pukul 04.00 WIB ini mendapat respon yang positif dari masyarakat Jamblang dan sekitarnya.(Sahidin, Diskominfo).