***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON *****

Oct 16

Pagelaran Wayang Kulit Purwa Parawa Hadi Suara

Dalam rangka Penyebarluasan Informasi Pembangunan kepada masyarakat luas melalui Kesenian Tradisional sekaligus ikut serta memberikan support kepada tim P2WKSS Desa Balad, dalam mengikuti lomba P2WKSS tingkat Jawa Barat , pada tanggal10 Oktober 2015 bertempat di Desa Balad Kecamatan Dukuhpuntang telah berlangsung Pertunjukan Rakyat dengan menampilkan pegelaran Wayang Kulit Purwa Parawa Hadi Suara dari Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan, dengan dalang Ki Harja Rohadi G. dan Nyiwarangga Ny.Lili S dari Surantaka Kapetakan mengambil lakon Abimayu Gendong. Kegiatan tersebut selain melestarikan kebudayaan Cirebon juga sekaligus penyebarluasan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut jajaran Muspika Kecamatan Dukupuntang, Kuwu balad, jajaran budayawan serta masyarakat sekitarnya.

Pada Kesempatan tersebut Ketua FK Metra Kabupaten Cirebon H.Sulama Hadi mengatakan kegiatan Penyebar luasan Informasi Pembangunan melalui pertunjukan rakyat memiliki dua misi yang saling keterkaitan satu sama lainya yakni memberikan penyuluhan tentang berbagai Program Pembangunan baik bersifat local maupun nasional serta sekaligus melestarikan kegiatan kebudayaan leluhur kita sehingga dapat di lihat dan dimengerti oleh anak cucu kita.

Kepala Bidang SKDI Drs.Sukiman pada kesempatan tersebut kegiatan pegelaran kesenian tradisional pada malam hari ini merupakan putaran yang ke-11 dimana Diskominfo bersama-sama dengan FK Metra sebulan sekali mengadakan pertunjukan kesenian tradisional berupa wayang kulit, sandiwara, dan lainnya dengan tujuan agar kesenian tersebut masih bias dilihat oleh anak cucu kita. Selain itu perlu diketahui bersama dalam rangka meningkatkan IPM di Kabupaten Cirebon diharapkan agar warganya dapat berpartisipasi dengan cara peningkatan pendidikan kepada anak-anaknya serta kegiatan lainnya yang akan dapat menunjang kemajuan bagi keluarga dan masyarakat seperti peningkatan penghasilan keluarga melalui Program P2WKSS serta penataan lingkungan yang berwawasan kesehatan.

Kuwu Balad pada kesempatan tersebut mengatakan dalam rangka menghadapi penilaian lomba P2WKSS tingkat Jawa Barat diharapkan kepada masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan cara mengikuti dan melaksanakan seluruh ajakan para kader PKK maupun kader lainya semata-mata untuk peningkatan kehidupan kita semua

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pementasan wayang Kulit Purwa Parawa Hadi Suara dengan dalang Ki H.Harja Rohadi dan sinden Nyiwarangga Lili. S dari Kapetakan dengan mengambil lakon Abimayu Gendong (Sahidin-Diskominfo)