Home / Berita / Pagelaran Wayang Kulit Purwa Hidayat Jati

Pagelaran Wayang Kulit Purwa Hidayat Jati

Dalam rangka Penyebarluasan Informasi Pembangunan kepada masyarakat luas melalui Kesenian Tradisional sekaligus pada tanggal 07 Agustus 2015 bertempat di Desa Kebarepan Kecamatan Plumbon berlangsung Pertunjukan Rakyat dengan menampilkan pegelaran Wayang Kulit Purwa Hidayat Jati dari Gegesik Lor, dengan dalang Ki Suherman dan Nyiwarangga Ny.Hj.Ugi S dari Indramayu mengambil lakon Cungkring Dadi Raja. kegiatan tersebut selain melestarikan kebudayaan Cirebon juga sekaligus Penyebarluasan Informasi Pembangunan kepada masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut jajaran Muspika Kecamatan Plumbon, Kuwu Kebarepan, Jajaran budayawan serta masyarakat sekitarnya.

Pada Kesempatan tersebut Ketua FK Metra Kabupaten Cirebon H. Sulama Hadi mengatakan kegiatan Penyebarluasan Informasi Pembangunan melalui pertunjukan rakyat memiliki dua misi yang saling keterkaitan satu sama lainya yakni memberikan penyuluhan tentang berbagai Program Pembangunan baik bersifat lokal maupun nasional serta sekaligus melestarikan kegiatan kebudayaan leluhur kita sehingga dapat dilhiat dan dimengerti oleh anak cucu kita.

Kepala Bidang SKDI Drs. Sukiman pada kesempatan tersebut kegiatan pegelaran kesenian tradisional pada malam hari ini merupakan putaran yang ke-8 dimana Diskominfo bersama-sama dengan FK Metra sebulan sekali mengadakan pertunjukan kesenian tradisional berupa wayang kulit, sandiwara, dan lainnya dengan tujuan agar kesenian tersebut masih bisa dilihat oleh anak cucu kita. Selain itu perlu diketahui bersama dalam rangka meningkatkan IPM di Kabupaten Cirebon diharapkan agar warganya dapat berpartisipasi dengan cara peningkatan pendidikan kepada anak-anaknya serta kegiatan lainnya yang akan dapat menunjang kemajuan bagi keluarga dan masyarakat.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pementasan wayang Kulit Purwa Hidayat Jati dengan dalang Ki Suherman dan sinden /nyiwarangga NY.H. Ugi S dari Indramayu dengan mengambil lakon Cungkring Dadi Raja. (Sahidin, Diskominfo)

 

Cek juga

Diskominfo Gelar Bimtek Jurnalistik dan Multimedia Bagi Pelajar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon melakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) dan Multimedia bagi Pelajar ...