***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON *****

Aug 08

Rakor Penilaian Komunitas TIK Terbaik Se-Jawa Barat

20150428_114028 edit[dropcap]B[/dropcap]andung,  28 April 2015.  Bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, perwakilan kabupaten/kota yang menangani bidang komunikasi dan informatika se-Jawa Barat mengusulkan salah satu Komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerahnya untuk diusulkan menjadi Komunitas TIK Terbaik se-Jawa Barat Tahun 2016.

Diskominfo Kabupaten Cirebon sendiri langsung dihadiri oleh Kepala Dinasnya, Drs. Benni Sugriarsa, Kepala Seksi e_Government, serta Kasubag Umum. Sebelum acara dimulai, Kepala Dinas Kominfo Kab. Cirebon menyempatkan diri bertemu dengan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat, DR. H. DudiSudradjat Abdurachim, MT di ruang kerjanya. Beliau membahas tentang isu-isu layanan TIK di pemerintahan atau yang dikenal dengan electronic government (E_Gov.).

Sementara itu, Rakor Penilaian Komunitas TIK Terbaik se-Jawa Barat diselenggarakan dengan tujuan anatara laian menyampaikan usulan komunitas TIK terbaik di kabupaten/kota, serta memfasilitasi TIK terbaik yang diusulkan untuk kemudian diarahkan dan dibina sehingga diharapkan dapat menjadi content layanan yang diselenggarakan pemerintah di bidang komunikasi dan informatika.

Tema kegiatan penilaian komunitas TIK terbaik se-Jawa Barat kali ini adalah “Kontribusi Komunitas TIK Jawa Barat dalam pembangunan daerah secara berkelanjutan untuk mendukung tercapainya Jabar Cyber Province”.  Indikator-indikator yang dijadika penilaian adalah:

  1. Keberlanjutan dari komunitas TIK
  2. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan
  3. Kontribusi komunitas kepada masyarakat
  4. Pemberdayaan masyarakat
  5. Inovasi dan kreativitas
  6. Legalitas komunitas
  7. Aksesibilitas digital
  8. Pengelolaan permasalahan dan solusi

Kegiatan ini dianggap sangat penting, khususnya untuk meningkatnya keikutsertaan komunitas TIK Jawa Barat, serta adanya kontribusi komunitas TIK Jawa Barat dalam mendukung kegiatan pembangunan daerah Jawa Barat, dan terbentuknya data dan peta komunitas TIK Jawa Barat.  Adapun susunan jadwal pelaksanaan kegiatan dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Pengumuman kegiatan
  2. Rapat koordinasi yang dilaksanakan Tanggal  28 April 2015
  3. Batas waktu terakhir penyerahan dokumen administrasi Tanggal 30 April 2015
  4. Seleksi administrasi dilaksanakan Tangga 1 April sampai dengan 4 Mei 2015
  5. Penetapan komunitas yang lolos seleksi administrasi ditetapkan Tanggal  5 Mei 2015
  6. Visitasi (kunjungan) dan penilaian terhadap komunitas TIK yang lolos seleksi sebanyak 10 komunitas yangakan dilaksanakan pada Tanggal 6,7,11,12,13 Mei 2015.
  7. Penetapan pemenang yang akan diumumkan tanggal, serta
  8. Penyerahan sertifikat dan hadiah.

Komunitas TIK yang dinyatakan sebagai pemenang adalah komunitas dengan nilai tertinggi sesuai hasil penilaian dari kriteria yang telah ditetapkan tersebut. Kemudian akan ada 5 (lima) komunitas terbaik yang ditetapkan sebagai pemenang.  (Rie, 28/04/15)