***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON ****

Aug 03

Diskominfo Gelar Media Sekolah Award 2018

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon akan menggelar “Media Sekolah Award 2018”

Berikut syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi calon peserta dan/atau partisipan sekolah tingkat SMA/SMK/MA/sederajat di Kabupaten Cirebon.

Media Sekolah Awards (MSA) 2018:

CATATAN

  • Peserta/partisipan merupakan perseorangan/kelompok yang masih tercatat sebagai siswa/siswi di SMA/SMK/MA/sederajat di Kabupaten Cirebon.
  • Formulir Pendaftaran dapat didownload di website diskominfo.cirebonkab.go.id dan www. cirebonkab.go.id.
  • Formulir yang sudah ditandatangani dapat dikirimkan langsung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Cq. Bidang PKIP, Jl. Sunan Drajat No. 15 Sumber, atau dapat dikirimkan melalui email diskominfo@cirebonkab.go.id, dengan format jpg atau pdf
  • Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2018 dan ditutup pada 14 Agustus 2018 pukul 23.59 Wib.
  • Lomba Website, Film Pelajar, Majalah/Buletin Sekolah dan Mading Sekolah dikumpulkan pada saat peserta registrasi pukul 08.00 WIB, bertempat di Gedung NU Sumber, Jl. Dewi Sartika No. 9 Sumber, Kabupaten Cirebon.
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

LOMBA-LOMBA
Media Sekolah Award (MSA)

  • Kategori Majalah Cetak Sekolah Terbaik: Menyiapkan sedikitnya 3 edisi secara berurutan sesuai dengan skala penerbit (Mingguan/bulanan/triwulan). Pindai (scan) masing-masing jilid (cover) dan lampirkan dalam formulir pendaftaran. Bulletin / Majalah Cetak yang asli, dibawa saat registrasi dan penilaian pada tanggal 15 Agustus 2018.
  • Kategori Website Sekolah Terbaik : Website yang akan diikutsertakan adalah website milik sekolah. bisa berupa situs portal berbayar atau blog gratis dengan masa aktif minimal satu tahun. Alamat website ditulis dalam isian formulir pendaftaran.
  • Kategori Film Pelajar Terbaik: Film berdurasi minimal 10 menit dan maksimal 60 menit. Tema bebas. Jenis film diperbolehkan dokumenter maupun drama. Dokumen diunggah melalui laman berbagi Youtube dilengkapi kalimat “diajukan untuk kategori Film Pelajar Terbaik Media Sekolah Awards 2018” Tautan ditulis dalam isian formulir pendaftaran.
  • Lomba Mading : Materi Mading disediakan secara mandiri oleh peserta, bisa berbahan styrofoam, kertas karton, triplek dan lain-lain, dengan ukuran maksimal 1,5 x 1 meter serta dilengkapi dengan penyangga (tidak didesain untuk ditempelkan di tembok).
  • Mading harus sudah siap dalam pelaksanaan sesuai dengan waktu dan tempat yang akan diterakan dalam informasi panitia berikutnya.
  • Lomba Fotografi Pelajar: Jenis kamera bisa menggunakan DSLR maupun digital pocket (tidak diperkenankan menggunakan kamera ponsel). Tema lomba adalah “Pelajar Ramah Lingkungan. Pemotretan dilakukan sepanjang kegiatan MSA 2018 berlangsung (Tempat dan waktu diinformasikan berikutnya). Peserta langsung menyerahkan 10 hasil foto terbaik (tanpa edit) yang berhubungan dengan tema dan suasana kegiatan MSA 2018. Foto yang diterima akan menjadi hak milik panitia untuk digunakan sebagai materi publikasi dengan tetap menyertakan identitas peserta sebagai pemegang hak cipta.

PARTISIPAN SENI

  • Materi pementasan tidak menyinggung SARA, mengandung unsur pornografi dan melanggar UU yang berlaku.
  • Panitia menyediakan durasi waktu tidak lebih dari 10 menit untuk setiap pementasan.
  • Sekolah atau komunitas yang hendak menunjukkan pementasan wajib menyiapkan secara mandiri segenap materi yang dibutuhkan, seperti kostum, musik pengiring, dan properti yang mendukung pementasan.
  • Panitia hanya menyediakan sound system dan tempat pementasan di panggung utama di area penyelenggaraan MSA 2018.
  • Tidak ada biaya pendaftaran (Gratis), panitia hanya menyediakan sertifikat penghargaan, tidak menyediakan honor maupun uang transport.

Pemenang akan memperoleh :

  1. Tropy / Piala : Juara 1, 2 dan 3;
  2. Uang Pembinaan : Juara 1, 2 dan 3.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi :

081-220-642-10 (Dra. Tri Paribani, M.Si)

Link Download Formulir Pendaftaran :

  1. Form Pendaftaran Lomba Sekolah Award, download
  2. Form Pendaftaran Partisipan Seni, download

 

KRITERIA PENILAIAN

LOMBA WEBSITE

  • Desain interface Web, Layout, Navigasi;
  • Fitur dan inovasi web;
  • Kecepatan Akses;
  • Kesesuaian dengan tema;
  • Konten data;
  • Estetika;

FILM PELAJAR

  • Originalitas;
  • Ide cerita;
  • Teknik editing dan pengambilan gambar;
  • Penataan artistik;
  • Kesesuaian tema;
  • Pesan yang disampaikan.

BULETIN SEKOLAH

  • Desain;
  • Kreatifitas;

FOTOGRAFI

  • Kesesuaian foto dan tema “Pelajar Ramah Lingkungan”;
  • Keunikan Konsep / Ide pada foto;
  • Pesan / ungkapan emosi pada foto;
  • Fokus, komposisi dan warna foto.

MADING SEKOLAH

  • Isi kesesuaian dengan tema, kemanfaatan dan tingkat aktualitas;
  • Bahasa, pilihan kata, gaya penulisan dan efektivitas;
  • Kreatifitas;
  • Kerapian.

Jul 25

APRESIASI WIRAUSAHAWAN MUDA PADA ORGANISASI PEMUDA & PRAMUKA Tahun 2018

Apresiasi kepada pemuda yang memiliki jiwa wirausaha dan tergabung di organisasi kepemudaan dan/atau pramuka berusia 16 – 30 tahun serta menjalankan bisnis yang tidak bertentangan dengan peraturan dan perundan-undangan selama dua tahun.

Untuk info lebih lanjut silahkan unduh link berikut ini;

Materi apresiasi wirausahawan muda

Untuk Formulir pendaftaran dapat di unduh pada link berikut;

Formulir pendaftaran apresiasi wirausahawan pemuda

Jul 25

ANUGERAH INOVASI JAWA BARAT 2018

PENGHARGAAN ANUGERAH INOVASI DAN PRAKARSA JAWA BARAT

Karya inovasi adalah suatu metode, ide, atau produk baru yang berbeda dari yang sudah dikenal sebelumnya. Karya inovatif ini sudah bernilai ekonomis dan telah memiliki nilai tambah yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan download link berikut;

Materi Anugerah Inovasi

Untuk Formulir pendaftaran dapat di unduh pada link berikut;

Formulir pendaftaran Anugerah Inovasi

Formulir pendaftaran Anugerah Prakarsa

Mar 26

Meriahkan HUT Jadi Kabupeten Cirebon Ke 536 Diskominfo Gelar Wayang Babad Di Situs Krapyak Desa Sarwadadi.

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 536 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon menggelar Pertunjukkan Wayang Kulit Babad, Sabtu  Malam (17/03/2018) yang dilaksanakan di Situs Krapyak Desa Sarwadadi Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Kepala Desa Sarwadadi H. Tarsim beserta jajarannya, Pengurus Padepokan Situs Krapyak, Muspika Kecamatan Talun, Ketua  Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Cirebon H. Sulama Hadi. Sementara dari Diskominfo Hadir Kepala Bidang PKIP Dra.H.Kartikasari, M.Si, para Kasi Bidang PKIP Diskominfo beserta jajaran Stafnya.

Pertunjukkan berlangsung sangat meriah terlihat padatnya penonton yang menyaksikan  Wayang Kulit Babad ini dengan mengahadirkan dalang Drs. H. Askadi atau Mama Tititn  dari group Wayang Babad Kuto Kosod dengan lakon “Cuplikan Sejarah”. Yang menyedot partisipasi masyarakat Desa  Sarwadadi dan sekitarnya.

Kepala Desa Sarwadadi H. Tarsim menyampaikan, dengan penyelenggaran seni budaya wayang kulit babad ini kita semua dapat membuktikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sarwadadi dan umumnya masyarakat luar kita bahwasanya di desa tercinta kita ini ada sebuah situs yaitu situs padepokan krapyak yang harus kita lestarikan dan kita kembangkan keberadaannya supaya menjadi salah satu kebanggaan dari desa kita sebagai aset yang bisa kita banggakan.

Atas nama Pemerintah Desa Sarwadai Kuwu H. Tarsim, mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk bersatu padu, bahu membahu memperjuangkan  desa kita tercinta menjadi lebih baik lagi.

Kuwu H. Tarsim  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskominfo yang sudah memberikan suguhan pertunjukkan Wayang Kulit Babad kepada desa kita semoga berjalan dengan sukses dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono,SH.,MM  menyampaikan, pada Dinas Komunikasi dan Informatika ini ada kegiatan yang namanya penyebarluasan komunikasi dan informasi. Kita berkewajiban memberikan pertunjukkan seperti ini. Bulan kemarin kita sudah melaksanakan pertunjukkan seperti ini di desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan dan pada malam ini kita bisa melaksanakan di desa Sarwadi tepatnya di Situs Krapyak.

Kadis Kominfo mengatakan, penyebarluasan Informasi dan Komunikasi ini bisa dilaksanakan dengan berbagai alat. Salah satunya adalah melalui  media elektronik, seperti televisi, radio, dan media cetak serta melalui media sosial, dan juga yang terakhir melalui media Tradisional maupun kesenian diantaranya wayang kulit, sandiwara dan lainnya.

Di Cirebon sendiri telah dibentuk Forum Komunikasi Media Tradisonal yang diketuai oleh, H. Sulama Hadi.

Tujuan dan manfaat diselenggarakannya acara ini adalah, yang pertama dengan pertunjukkan wayang ini kita menyebarluaskan informasi tentang program pemerintah dan menyampaikan informasi terkini apalagi sekarang Kabupaten Cirebon ini akan melaksanakan Hari Jadi ke 536. Sehingga dengan momen ini diharapkan masayarakat Kabupaten Cirebon umunya dan khususnya masyarakat Sarwadadi mengetahui dan memahami bahwa Kabupaten Cirebon ini sudah berusia 536 tahun.

Dengan pagelaran  kesenian wayang kulit ini diharapkan masyarakat desa sarwadadi antusias dan bisa menyimak, memahami apa yang disampaikan bapak dalang Drs. H. Askadi  yang sangat dihormati di Kabupaten Cirebon

Kadis Kominfo mengatakan, dengan pertunjukkan wayang kulit ini diharapkan pertunjukkan wayang ini bukan hanya sebagai tontonan tetapi diharapkan menjadi tuntunan yang memberikan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang kedua sebagai pelestarian seni tradisional, terutama pelestarian kesenian tradisional Kabupaten Cirebon. Yang ketiga, sebagai sarana hiburan masyarakat Kabupaten Cirebon, sehingga memberikan motivasi kepada masyarakat.(Bens/Edys, Diskominfo).