***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON ****

Mar 26

Meriahkan HUT Jadi Kabupeten Cirebon Ke 536 Diskominfo Gelar Wayang Babad Di Situs Krapyak Desa Sarwadadi.

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 536 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon menggelar Pertunjukkan Wayang Kulit Babad, Sabtu  Malam (17/03/2018) yang dilaksanakan di Situs Krapyak Desa Sarwadadi Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Kepala Desa Sarwadadi H. Tarsim beserta jajarannya, Pengurus Padepokan Situs Krapyak, Muspika Kecamatan Talun, Ketua  Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Cirebon H. Sulama Hadi. Sementara dari Diskominfo Hadir Kepala Bidang PKIP Dra.H.Kartikasari, M.Si, para Kasi Bidang PKIP Diskominfo beserta jajaran Stafnya.

Pertunjukkan berlangsung sangat meriah terlihat padatnya penonton yang menyaksikan  Wayang Kulit Babad ini dengan mengahadirkan dalang Drs. H. Askadi atau Mama Tititn  dari group Wayang Babad Kuto Kosod dengan lakon “Cuplikan Sejarah”. Yang menyedot partisipasi masyarakat Desa  Sarwadadi dan sekitarnya.

Kepala Desa Sarwadadi H. Tarsim menyampaikan, dengan penyelenggaran seni budaya wayang kulit babad ini kita semua dapat membuktikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sarwadadi dan umumnya masyarakat luar kita bahwasanya di desa tercinta kita ini ada sebuah situs yaitu situs padepokan krapyak yang harus kita lestarikan dan kita kembangkan keberadaannya supaya menjadi salah satu kebanggaan dari desa kita sebagai aset yang bisa kita banggakan.

Atas nama Pemerintah Desa Sarwadai Kuwu H. Tarsim, mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk bersatu padu, bahu membahu memperjuangkan  desa kita tercinta menjadi lebih baik lagi.

Kuwu H. Tarsim  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskominfo yang sudah memberikan suguhan pertunjukkan Wayang Kulit Babad kepada desa kita semoga berjalan dengan sukses dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono,SH.,MM  menyampaikan, pada Dinas Komunikasi dan Informatika ini ada kegiatan yang namanya penyebarluasan komunikasi dan informasi. Kita berkewajiban memberikan pertunjukkan seperti ini. Bulan kemarin kita sudah melaksanakan pertunjukkan seperti ini di desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan dan pada malam ini kita bisa melaksanakan di desa Sarwadi tepatnya di Situs Krapyak.

Kadis Kominfo mengatakan, penyebarluasan Informasi dan Komunikasi ini bisa dilaksanakan dengan berbagai alat. Salah satunya adalah melalui  media elektronik, seperti televisi, radio, dan media cetak serta melalui media sosial, dan juga yang terakhir melalui media Tradisional maupun kesenian diantaranya wayang kulit, sandiwara dan lainnya.

Di Cirebon sendiri telah dibentuk Forum Komunikasi Media Tradisonal yang diketuai oleh, H. Sulama Hadi.

Tujuan dan manfaat diselenggarakannya acara ini adalah, yang pertama dengan pertunjukkan wayang ini kita menyebarluaskan informasi tentang program pemerintah dan menyampaikan informasi terkini apalagi sekarang Kabupaten Cirebon ini akan melaksanakan Hari Jadi ke 536. Sehingga dengan momen ini diharapkan masayarakat Kabupaten Cirebon umunya dan khususnya masyarakat Sarwadadi mengetahui dan memahami bahwa Kabupaten Cirebon ini sudah berusia 536 tahun.

Dengan pagelaran  kesenian wayang kulit ini diharapkan masyarakat desa sarwadadi antusias dan bisa menyimak, memahami apa yang disampaikan bapak dalang Drs. H. Askadi  yang sangat dihormati di Kabupaten Cirebon

Kadis Kominfo mengatakan, dengan pertunjukkan wayang kulit ini diharapkan pertunjukkan wayang ini bukan hanya sebagai tontonan tetapi diharapkan menjadi tuntunan yang memberikan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang kedua sebagai pelestarian seni tradisional, terutama pelestarian kesenian tradisional Kabupaten Cirebon. Yang ketiga, sebagai sarana hiburan masyarakat Kabupaten Cirebon, sehingga memberikan motivasi kepada masyarakat.(Bens/Edys, Diskominfo).