***** Terima kasih telah mengunjungi Website DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON ****

Oct 20

Gelar Apresiasi Wayang Jawa Bali 4-5 November 2017 di Halaman Parkir Ramayana Robinson Plered Kabupaten Cirebon ,

Potensi seni wayang dalam khasanah kebudayaan Nusantara memiliki peluang untuk menjadi daya tarik wisatawan serta tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan sebagai lahan penelitian bagi para ilmuan, baik dalam maupun luar negeri. Ketertarikan tersebut sangat beralasan, mengingat Nusantara kaya dengan beraneka ragam produk budaya (terutama kesenian), mulai dari yang klasik dan tradisional sampai kepada kontemporer yang sekaligus menunjukan adanya dinamika kreativitas.
Seni wayang terlahir sebagai wahana kreatif yang memiliki tempat tersendiri di masyarakatnya dan juga merupakan representasi dari nilai-nilai yang akan memberikan manfaat bagi siapapun yang akan mempelajarinya. Sebagai representasi nilai, Seni Budaya Nusantara tak dapat dipungkiri telah mampu memberikan proses terapi yang erat berkaitan dengan pendidikan nilai, yakni nilai spiritual maupun nilai lainnya yang bersifat edukatif. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila Seni wayang telah banyak dipelajari di negeri orang lain, karena persoalan nilai tadi.
Seni wayang telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Pada sebagian besar masyarakat dunia, wayang memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Ini karena peranan wayang yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur.
Alasan yang menguatkan mengapa Seni wayang menjadi pilihan media membelajarkan nilai, tentu saja hal ini dilandasi oleh beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa seni budaya sekurang-kurangnya memiliki beberapa kecenderungan sebagai bagian dari value education. Beberapa diantara kecenderungan yang dapat disampaikan yaitu : (1) Seni wayang dapat memunculkan sikap untuk saling menghargai perbedaan di antara sesama, (2) Seni wayang mampu memberikan efek perubahan pada pelakunya karena secara tak langsung membelajarkan etika, (3) Seni wayang dapat membangkitkan semangat kerja sama untuk saling membutuhkan.
Seni wayang yang khas sebagai ciri wanci kebudayaan Nusantara yang adiluhung, sangatlah disayangkan bila kondisinya kini diambang ketidak pastian, yakni antara hidup dan mati atau menghilang dari komunitas budayanya dan muncul sebagai warisan budaya baru di negeri orang. Dengan alasan seperti itulah,maka upaya untuk menyelamatkan salah satu seni warisan para leluhur dengan segenap peranan nilai yang ada di dalamnya, bukanlah suatu keniscayaan dilakukan.
Berangkat dari pemikiran di atas, Pemerintah Kabupaten Cirebon merancang suatu event dalam bentuk Gelar Apresiasi yang isinya mengeksistensikan kembali Seni Wayang Jawa Bali. yang akan melibatkan semua unsur yang menaruh perhatian terhadap hidup, tumbuh, dan berkembangnya seni wayang, yang ada di daerah-daerah di Jawa dan Bali.
Gelar Apresiasi Wayang Jawa Bali ini akan diselenggarakan pada Hari Sabtu-Minggu Tanggal 4-5 November Tahun 2017 bertempat di Halaman Parkir Ramayana Robinson Jl. Plered Kabupaten Cirebon.